Berita

    Kenapa Lampu Kabin Mobil Harus Dimatikan? Ini Alasannya

    Lampu kabin mobil adalah fitur yang penting baik bagi pengendara maupun pengemudi. Dengan adanya lampu tersebut, mobil bisa menjadi lebih terang sekalipun pada bagian-bagian tersembunyi.

    Namun ternyata, lampu tersebut harus dimatikan di malam hari meskipun keadaan kabin menjadi gelap. Mengapa demikian? Ketahui jawabannya dalam pembahasan berikut!

    Alasan Lampu Kabin Mobil Harus Dimatikan saat Malam

    Lampu kabin merupakan semua pencahayaan yang ada di dalam mobil. Memang lampu ini diperlukan sebagai penerangan. Bagaimanapun juga Anda perlu mematikannya di malam hari. Ini alasannya.

    Mengganggu Penglihatan

    Lampu kabin memang berfungsi untuk mempermudah penglihatan di dalam mobil. Namun hal itu justru mengganggu pengemudi saat melihat area di luar mobil.

    Hal ini disebabkan di keadaan terang, pupil mata akan mengecil untuk menyesuaikan intensitas cahaya yang masuk. Pengecilan pupil ini membuat mata tak bisa melihat area luar mobil yang gelap dengan baik.

    Dengan demikian, mata pun menjadi silau dan kesulitan mengetahui apa saja yang terjadi di luar mobil. Itulah mengapa sebaiknya mematikan lampu kabin mobil di malam hari.

    Mengundang Kejahatan

    Lampu kabin yang menyala membuat orang lain tahu isi mobil. Hal inilah yang dapat dimanfaatkan oleh orang-orang yang tak bertanggung jawab untuk mengamati isi kabin sebelum melancarkan aksinya.

    Risiko ini akan semakin besar jika pengemudi terlihat sendiri dan membawa barang berharga. Oleh sebab itu, lampu kabin perlu dimatikan agar keamanan selama berkendara tetap terjaga.

    Mengganggu Konsentrasi

    Penggunaan lampu kabin mobil di malam hari juga dapat mengganggu pengendara lainnya. Hal ini disebabkan konsentrasi pengendara tersebut beralih ke isi mobil Anda karena terlihat dari luar.

    Jika hal tersebut terjadi, maka pengendara tidak melihat lampu petunjuk di jalan maupun rambu-rambu lainnya. Dampaknya, ia tak bisa mengetahui jika ada hal-hal yang harus dilakukan seperti berhenti di lampu merah.

    Unsplash

     

    Tentu hal ini membahayakan pengendara tersebut. Anda juga bisa terkena dampaknya jika kendaraannya menyenggol bahkan menabrak mobil Anda akibat hal tersebut. Oleh sebab itu, sebaiknya lampu dimatikan saja.

    Boros Aki

    Sebagai pemilik mobil, Anda pasti sudah paham bahwa semua peralatan kelistrikan memanfaatkan aki sebagai sumber energinya. Begitu pula dengan lampu kabin mobil.

    Sayangnya, penggunaan lampu tersebut dalam jangka waktu lama akan membuat aki mobil Anda cepat habis. Terlebih lagi jika Anda sedang berada dalam perjalanan jauh.

    Jika aki sampai habis, maka mobil akan mengalami mogok. Selain itu, berbagai peralatan mobil lainnya akan mengalami kerusakan akibat habisnya aki ini. Oleh sebab itu, Anda perlu menggunakannya dengan bijak.

    Memperoleh Surat Tilang

    Menyalakan lampu kabin dalam waktu yang lama di malam hari dianggap mengganggu pengemudi lainnya oleh polisi hingga menyebabkan kecelakaan lalu lintas. Selain itu, hal ini juga melanggar peraturan.

    Maka dari itu, polisi bisa menilang Anda karena masalah ini. Sekalipun tak terkena tilang, Anda tetap perlu menggunakan lampu dengan bijak untuk turut menjaga keamanan di jalan raya.

    Dari berbagai alasan memadamkan lampu kabin mobil kala malam, dapat disimpulkan bahwa Anda perlu menggunakan lampu tersebut dengan bijak. Hal ini demi keselamatan Anda sendiri maupun orang lain.