Berita

    Featured Image

    Penjelasan Tentang Daya Angkut Mobil dan Cara Hitungnya

    Daya angkut mobil merupakan kapasitas maksimal yang dimiliki sebuah mobil tanpa harus mengurangi kinerja dan keselamatan dalam berkendara. Setiap mobil memiliki daya angkut berbeda-beda yang wajib diketahui.

    Tujuan mengetahui daya angkut adalah agar Anda dapat menjaga kondisi kendaraan, menghindari kerusakan mesin dan menjaga keselamatan ketika berkendara. Maka dari itu, simak ulasan artikel tentang definisi daya angkut dan cara menghitungnya di bawah ini!

    Definisi Daya Angkut Mobil

    Daya angkut kendaraan mobil atau dikenal juga dengan istilah GVWR (Gross Vehicle Weight Rating) adalah total berat maksimum untuk kendaraan mobil. Berat yang diperbolehkan ini termasuk berat mobil itu sendiri serta ditambah berat penumpang, kargo dan bahan bakar.

    GVWR ditentukan oleh pabrik yang memproduksi mobil dan angka daya angkut berada pada pelat yang ditempel pada pintu samping. Sebagai pengemudi mobil yang baik, mengetahui GVWR adalah hal wajib karena berpengaruh pada proses mengemudi Anda.

    Cara Menghitung Daya Angkut

    Daya angkut mobil dapat dihitung dengan mudah oleh Anda. Misal, Anda memiliki sebuah SUV Suzuki Ertiga dengan GVWR 4.000 kg dan berat kosong 3.000 kg. Maka artinya kapasitas angkut beban mobil SUV Suzuki Ertiga tersebut adalah 1.000 kg.

    Lalu, apabila Anda berencana untuk membawa enam penumpang dengan total berat 500 kg. Maka, total kargo mobil Anda adalah 500 kg. Namun ada beberapa hal yang wajib Anda perhatikan bahwa distribusi beban adalah penting.

    Apabila Anda dapat memahami daya angkut kendaraan, maka Anda telah berkontribusi dalam menjaga keselamatan serta performa optimal Anda. Karena sebaik-baiknya pengemudi mobil adalah tidak mengangkut beban berlebih atau over capacity di atas mobil.

    Alasan Pentingnya Memahami Daya Angkut

    Alasan Pentingnya Memahami Daya AngkutFreepik.com

    Walaupun terkadang daya angkut kendaraan luput dari perhatian pengemudi. Namun, Anda sebaiknya lebih memerhatikan angka daya angkut kendaraan Anda setelah membaca artikel ini. Hal tersebut karena ada berbagai alasan penting di baliknya, berikut ini alasan-alasannya:

    • Faktor Keselamatan

    Alasan mengapa mengetahui daya angkut adalah faktor keselamatan yang penting ketika berkendara. Mengetahui berat daya angkut kendaraan Anda dapat membatasi Anda dalam mengangkut segala jenis beban ke atas mobil.

    Ketika Anda mengangkut beban berlebih ke atas mobil tentu keselamatan Anda ketika berkendara akan terancam. Permasalahan seperti handling mobil yang mudah rusak dan banyaknya tekanan pada mobil yang akan berakibat buruk pada kondisi mesin.

    • Pengaruh Performa Mobil

    Mengetahui daya angkut kendaraan penting karena berpengaruh juga pada performa mobil Anda. Ketika Anda mengangkut beban yang berlebihan, maka kinerja mobil tidak akan optimal. Sedangkan, sebaliknya jika mengangkut beban yang sesuai maka performa lebih optimal.

    Misal, jika Anda mengangkut beban kendaraan berlebih maka kinerja mesin, transmisi, suspensi mobil akan berkurang. Selain itu, kemungkinan untuk mesin mobil lebih cepat aus akan lebih besar juga.

    • Efisiensi Bahan Bakar

    Daya angkut kendaraan juga berpengaruh pada efisiensi bahan bakar. Telah dijelaskan sebelumnya jika beban angkut mobil berlebihan akan memengaruhi banyak komponen, seperti mesin mobil.

    Hal ini juga berpengaruh pada efisiensi bahan bakar, yang mana jika pengemudi membawa beban berlebih maka cenderung lebih cepat boros bahan bakar. Karena disebabkan mesin harus bekerja lebih keras ketika adanya tekanan dari beban berlebih.

    • Berkaitan dengan Hukum

    Alasan terakhir adalah berkaitan dengan hukum dan faktor ini tidak kalah penting. Regulasi hukum tentang daya angkut kendaraan sudah tertera pada masing-masing negara. Sehingga apabila ada pengemudi yang melanggar regulasi ini akan dikenakan hukum denda.

    Karena daya angkut kendaraan begitu pentingnya sehingga terdapat regulasi hukum. Karena apabila pengemudi melanggarnya, tidak hanya mobil yang cepat rusak tetapi keselamatan pengendara lain yang harus dipertaruhkan.