Berita

    4 Cara Merawat Panoramic Sunroof pada Mobil Kesayangan Anda

    Merawat panoramic sunroof bisa dilakukan secara mandiri oleh pemilik mobil. Meski terkenal dengan kelebihan free maintenance, mobil yang memiliki atap sunroof tetap saja perlu dirawat. Sebab, setiap komponen yang ada di mobil memiliki masa pakai yang berbeda-beda. 

    Jika Anda menginginkan atap sunroof mobil Anda lebih awet dan tidak kotor. Maka, Anda perlu melakukan perawatan secara berkala. Model mobil yang sudah memiliki fitur sunroof panoramic adalah Peugeot 3008 dan 5008, GT-Line maupun Allure Plus.

    Kami akan memberikan tips yang bisa Anda lakukan untuk merawat atap sunroof panoramic milik Anda. Simak artikel ini hingga akhir!

    Cara Merawat Panoramic Sunroof Agar Lebih Awet

    Perawatan yang diberikan kepada panoramic sunroof tidaklah jauh berbeda dengan perawatan pada kaca atau badan mobil pada umumnya. Sebagai informasi tambahan, kaca untuk sunroof memiliki ketebalan yang lebih baik dibanding kaca lain di mobil. 

    Simak cara perawatannya di bawah ini!

    • Rutin Membersihkan Sunroof

    Tidak bisa dipungkiri bahwa atap panoramic sunroof juga gampang kotor. Biasanya dikotori oleh debu, pasir, kerikil kecil, bekas air hujan, atau rontokan daun. Kotoran-kotoran tersebut bisa menjadi pemicu gesekan yang membuat rel sunroof macet.

    Jika Anda membiarkan kondisi tersebut terlalu lama, akan terjadi penumpukan kotoran secara otomatis di rel. Hal demikian hanya akan mengganggu jalur untuk pembuangan air. Sehingga membuat terjadinya genangan air.

    Kemudian genangan air tersebut dapat membuat rel menjadi berkarat. Jika keadaan sudah separah itu, mulai muncul masalah lain berupa kebocoran. Anda tentu tidak mengharapkannya bukan?

    Maka, sebaiknya Anda rutin melakukan pembersihan. Gunakan cairan pembersih kaca dan pakailah kain lap untuk membersihkannya sehari-hari. Itulah cara paling sederhana merawat panoramic sunroof.

    • Hindarkan dari Paparan Sinar Matahari 

    Terdapat karet rel pada komponen panoramic sunroof. Fungsi karet tersebut adalah melakukan pencegahan agar air tidak masuk ke kabin. Apabila karet ini terus-terusan terkena panas matahari, maka bisa retak, pecah atau bahkan aus.

    Jika ada kerusakan pada komponen satu ini, maka bisa berdampak pada munculnya kebocoran. Maka dari itu, sebagai langkah pencegahan Anda bisa memarkir mobil Anda di garasi. Anda bisa juga simpan mobil Anda di lokasi yang teduh.