Berita

    Apa itu Sistem EFI (Electronic Fuel Injection) pada Mobil?

    Electronic Fuel Injection atau EFI pada mobil adalah sistem penginjeksian bahan bakar yang menggunakan teknologi elektronik untuk mengontrol proses penyemprotan bahan bakar ke dalam ruang bakar mesin mobil. 

    EFI memiliki beberapa keuntungan utama. Salah satunya untuk menghemat bahan bakar. Sistem yang satu ini sudah jadi standar dalam banyak kendaraan modern. Maka dari itu, ini bisa jadi rujukan Anda sebelum membeli kendaraan impian.

    Ketahui Sistem EFI pada Mobil

    Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, sistem yang satu ini menggunakan teknologi modern atau elektronik dalam kontrol penyemprotan bahan bakar. Sistem ini menggantikan penggunaan karburator yang lebih konvensional dalam mengatur campuran udara dan bahan bakar dalam mesin kendaraan. 

    EFI bekerja dengan cara mengukur kebutuhan bahan bakar berdasarkan sejumlah faktor. Seperti kondisi mesin, putaran mesin, beban, suhu udara, dan sensor-sensor lainnya. Adapun beberapa komponen pada sistem ini antara lain:

    • Sensor-Sensor

    Ada berbagai jenis sensor pada sistem EFI mobil. Fungsinya macam-macam seperti parameter suhu udara, suhu pendingin mesin, tekanan udara, putaran mesin, posisi throttle, dan lain-lain. 

    Data dari sensor ini digunakan untuk menghitung kebutuhan bahan bakar yang tepat. Pada kendaraan, umumnya ada lima sensor yang bekerja. Antara lain MAF, TPS, CKP, MAP, dan IAT.

    • Electronic Control Unit (ECU)

    Anda dapat mengatakan kalau komponen ini adalah CPU atau otak dari sistem EFI. ECU mengumpulkan data dari sensor-sensor dan mengolahnya untuk mengatur penyemprotan bahan bakar yang optimal. Maka dari itu kinerja dari sistem juga akan jadi lebih sempurna dengan sistem ini.

    • Injektor Bahan Bakar

    EFI pada mobil  juga memiliki injektor. Komponen ini bertugas menyemprotkan bahan bakar ke dalam ruang bakar mesin sesuai dengan perintah dari Electronic Control Unit

    Bahan bakar disemprotkan dalam bentuk kabut (spray) untuk menciptakan pembakaran yang lebih efisien. Prinsip kerja dari injektor ini dengan memanfaatkan tegangan listrik.

    • Fuel Filter

    Berikutnya adalah filter yang berguna untuk menyaring kotoran dari bahan bakar. Supaya bahan bakar yang nanti akan disalurkan ke ruang pembakaran sudah bersih dari kotoran.