Berita

    Airbag Mobil: Fungsi, Jenis, Cara Kerja, dan Tips Perawatannya

    Airbag mobil menjadi salah satu sistem keamanan dalam mobil. Sama pentingnya dengan seat belt, airbag juga akan memberikan proteksi kepada pengendara mobil ketika terjadi kecelakaan. Ketersediaan fitur ini tergantung dari merk, jenis, tahun produksi mobil. 

    Makin kesini makin banyak mobil yang telah dilengkapi komponen keamanan ini. Di sini akan dijabarkan fungsi, jenis, cara kerja dan tips perawatan komponen yang satu ini.

    Fungsi Airbag Mobil 

    Berikut ini adalah fungsi airbag pada mobil yang harus Anda ketahui. 

    • Pendukung Safety System

    Sebagai salah satu komponen untuk memaksimalkan keamanan berkendara, airbag memiliki fungsi untuk memproteksi bagian tubuh bagian atas mulai dari kepala, leher, hingga ketika terjadi benturan atau guncangan keras pada mobil. 

    • Alat Proteksi Bagi Penumpang

    Tak hanya berguna untuk melengkapi fitur keselamatan dalam mobil Anda, fungsi lain airbag adalah melambatkan gerak penumpang dalam kabin mobil ketika terjadi benturan. Sehingga ketika terjadi guncangan, tubuh penumpang yang terlempar jadi tak terbentur bagian dalam mobil. Cedera yang terjadi tak akan parah, diminimalisir hadirnya airbag. 

    Cara Kerja Airbag pada Mobil

    Airbag pada mobil bekerja dengan merespon sensor yang diterima ketika terjadi benturan pada mobil di bagian tertentu. Sensor akan mendistribusikan sinyal yang kemudian membuat kawat di airbag memanas, sehingga menghasilkan nitrogen.

     Kemudian airbag akan emngembang dan melindungi bagian tubuh atas penumpang. Tak usah khawatir bahwa nitrogen yang terkandung di airbag bukanlah termasuk gas yang berbahaya. 

    Jenis-Jenis Airbag yang Biasa Ditemui

    Jenis airbag bervariasi tergantung pada letak penempatan airbag.

    • Driver Airbag

    Airbag yang satu ini bertugas memberikan proteksi pada lokasi driver dalam kabin mobil. Biasanya akan ada di roda kemudi atau di setir mobil. Dengan memiliki airbag pada roda kemudi maka akan terhindar dari benturan keras saat terjadi kecelakaan.

    • Side Airbag

    Airbag yang satu ini letaknya ada pada samping pengemudi yang menghindarkan pengemudi dari benturan yang terjadi pada sisi samping kendaraan. 

    • Passenger Airbag

    Untuk airbag ini seperti namanya tentu melindungi penumpang dari benturan yang terjadi saat tabrakan. Biasanya terpasang kalau tidak di dalam dashboard maka berada di luar dashboard. Tergantu dari jenis mobilnya.

    • Curtain Airbag