Berita

    Featured Image

    Ketahui Fungsi dan Cara Kerjanya Gearbox Mobil

    Ketika mengendarai mobil manual, tentu Anda akan familiar dengan istilah gigi mobil. Komponen tersebut digerakkan oleh komponen lain yang bernama gearbox mobil. Sebenarnya, komponen gearbox ini menjadi vital pada aktivitas pergerakan kendaraan bermotor.

    Perlu Anda ketahui, bawah gearbox kendaraan mobil merupakan komponen yang bertugas untuk mengatur kecepatan kendaraan, seperti mobil ataupun motor. Saat mengendarai kendaraan, tentu Anda memiliki keinginan untuk menambah atau mengurangi kecepatan, bukan?

    Hal tersebut menjadi tugas utama dari gearbox yang berada di dalam mesin kendaraan Anda. Maka dari itu, pada artikel ini akan dijelaskan mengenai fungsi lain gearbox kendaraan mobil dan cara kerja komponen tersebut.

    Fungsi Komponen Gearbox Mobil

    Secara umum, fungsi komponen gearbox adalah sebagai penyalur tenaga pada kendaraan mobil. Artinya, kendaraan mobil Anda dapat bergerak lambat atau cepat, ditentukan oleh komponen yang satu.

    Namun, terdapat fungsi dari gearbox lain yang wajib Anda ketahui. Hal ini dapat bermanfaat untuk proses perawatan dan sebagainya. Terdapat 4 fungsi gearbox pada mobil lainnya, yaitu:

            1. Mengatur Daya Mesin Kendaraan

    Sebuah mesin mobil manual yang di dalamnya sudah memiliki fungsi masing-masing, fungsi gearbox membantu untuk menyalurkan tenaga atau daya ke seluruh mesin kendaraan. Fungsi penyaluran tenaga tersebut agar mobil mengalami pergerakan dari satu tempat ke tempat lain.

    Nantinya, pergerakan tersebut tidak hanya dihasilkan gearbox tetapi juga wajib untuk adanya bantuan komponen seperti gigi, rantai mobil, ban dan lain sebagainya.

            2. Menjadi Penyedia Rasio Gigi Mobil

    Di dalam interior mobil Anda tentu memiliki kotak yang berisi gear atau gigi mobil yang memiliki nomor 1-5 dan R. Anda juga sudah mengetahui fungsi gigi tersebut adalah mengatur kecepatan kendaraan mobil Anda.

    Semakin tinggi gigi mobil yang Anda masukkan, maka semakin cepat mobil melaju. Komponen rasio gigi ini yang menjadi fungsi utama lainnya dari gearbox. 

            3. Mengatur Arah Gerak dan Kecepatan Torsi

    Fungsi lain dari gearbox mobil adalah mengatur arah gerak dan kecepatan torsi. Artinya, ketika Anda bergerak melaju ke depan dengan kecepatan tertentu dan ingin memundurkan mobil, pergantian ke gigi R akan dikendalikan oleh komponen gearbox ini.