Berita

    Kenali 5 Kelebihan Rem Tromol

    Rem tromol sering disepelekan dan dianggap kurang bagus jika dibandingkan cakram. Padahal ada beberapa kelebihan yang dimiliki jenis rem ini dibandingkan dengan cakram. Apa saja kelebihan tersebut? 

    Apa Itu Rem Tromol?

    Mari berkenalan dulu dengan jenis rem yang satu ini. Ini merupakan tipe rem kendaraan yang mengandalkan gesekan kampas. Jenis rem ini juga biasa disebut dengan nama drum brake

    Saat ini masih banyak kendaraan yang menggunakan drum brake namun ada banyak juga yang memakai disc brake atau rem cakram. Disk brake merupakan sistem pengereman yang menggunakan disc rotor atau piringan. 

    Banyak orang berpikir bahwa disc brake merupakan jenis rem yang lebih canggih dan efektif. Padahal jenis rem drum brake juga masih punya banyak keunggulan. Tidak heran jika masih banyak kendaraan yang menggunakannya. 

    Kelebihan Rem Tromol

    Jika dibandingkan dengan cakram, sebenarnya tromol masih punya banyak keunggulan. Berikut adalah beberapa keunggulannya:

    • Tidak Mudah Kotor

    Jenis rem ini lebih unggul dari cakram jika dilihat dari tingkat kebersihannya. Posisi dari rem ini cukup dalam jadi tidak akan mudah kotor. Rem ini tidak mudah terpapar kotoran dan debu. 

    Perlu diketahui bahwa kinerja rem juga dipengaruhi oleh adanya kotoran dan debu. Semakin banyak kotoran dan debu yang menumpuk pada sistem rem maka akan semakin menurun performanya. 

    Itulah mengapa jenis rem ini dianggap unggul karena tidak mudah untuk dimasuki debu dan kotoran. Selain itu Anda juga tidak perlu membersihkannya sering-sering. 

    • Sistem Remnya Mudah

    Jenis rem seperti ini memiliki sistem kerja yang terbilang mudah. Meskipun mudah dan simple namun performa kerjanya tetap bisa diandalkan. Bahkan jenis rem ini bisa bekerja secara powerful dalam memberhentikan laju kendaraan. 

    • Harga Lebih Terjangkau

    Kelebihan lain dari jenis rem ini adalah memiliki harga yang jauh lebih terjangkau. Jika dibandingkan disc brake, jenis rem ini memang lebih murah. Hal ini mungkin disebabkan oleh sistemnya yang terbilang simple alias tidak rumit. 

    • Kinerja Lembut

    Mari lihat seperti apa kinerja dari rem ini. Drum brake memiliki kinerja pengereman yang sangat smooth atau lembut. Jadi pengguna bisa merasa lebih nyaman saat harus menghentikan laju kendaraan.