Berita

    Wajib Tahu! Ini Fitur-Fitur Keselamatan Mobil

    Keselamatan dan keamanan berkendara adalah salah satu faktor utama yang harus dipertimbangkan saat membeli mobil. Karena itu, penting untuk selalu memeriksa kelengkapan fitur keselamatan mobil Anda.

    Pastikan fiturnya lengkap dan sesuai dengan kebutuhan berkendara. Pelajari pula seperti apa fungsi dan cara menggunakannya. Sebab, fitur-fitur ini tidak hanya dirancang untuk meminimalisir cedera dalam kecelakaan, tetapi juga untuk mencegah terjadinya kecelakaan.

    Fitur-Fitur Keselamatan Mobil yang Wajib Anda Tahu

    Berkat perkembangan teknologi, fitur-fitur mobil juga ikut berkembang menjadi semakin canggih untuk memastikan pengemudi dan penumpang lebih aman dan nyaman. Berikut ini beberapa fitur keselamatan penting yang perlu Anda kenal dan pahami:

    • Blind Spot Detector

    Saat mengemudi, terkadang ada titik-titik buta yang tidak dapat Anda lihat dari dalam mobil. Untuk mengatasi ini, fitur Blind Spot Detector hadir sebagai penyelamat. Fitur ini menggunakan sensor untuk mendeteksi benda atau kendaraan di titik buta Anda.

    • Daytime Running Light (DRL)

    Meskipun bukan sebagai sumber cahaya utama, DRL akan menyala secara otomatis ketika mesin mobil dinyalakan. Ini akan memberitahu pengguna jalan lain tentang keberadaan mobil Anda, terutama di siang hari.

    • Electronic Stability Control (ESC)

    ESC akan membantu menjaga kendali ketika Anda kehilangan kendali. Sensor fitur ini akan mengaktifkan rem jika diperlukan dan mengarahkan kembali ke jalur yang benar. Sangat berguna untuk mencegah tergelincir karena oversteer atau understeer.

    • Anti-lock Braking System (ABS)

    Sementara itu, ABS membantu mengontrol sistem pengereman pada kendaraan saat terjadi penguncian roda. Hal ini membantu mencegah mobil kehilangan kendali saat melakukan pengereman mendadak, terutama pada kecepatan tinggi.

    • Automatic Emergency Braking (AEB)

    Ini adalah teknologi canggih yang mendeteksi bahaya di sekitar mobil saat Anda sedang mengemudi. Jika Anda tidak merespons dengan cepat, AEB akan mengaktifkan rem secara otomatis untuk menghindari tabrakan.

    • Collision Detection/Warning (Pendeteksi Tabrakan)

    Sistem ini adalah teknologi canggih yang menggunakan radar, laser, dan teknologi kamera untuk mendeteksi objek di sekitar mobil. Ini memberi peringatan kepada pengemudi sebelum terjadinya tabrakan, memberikan waktu untuk menghindarinya.

    • Airbag

    Ini adalah fitur keselamatan terpenting. Ketika terjadi tabrakan, airbag akan mengembang dengan cepat untuk melindungi kepala, leher, dan dada pengemudi dan penumpang agar bisa mencegah cedera serius yang rentan terjadi akibat benturan.

    • Child Lock

    Child lock adalah fitur keselamatan mobil untuk penumpang yang masih anak-anak. Fitur ini akan mengunci pintu mobil agar anak-anak tidak dapat membukanya sendiri, terutama saat mobil sedang bergerak atau saat terjadi kemacetan lalu lintas.

     


    Freepik.com

    • Rear View Mirror

    Sesuai namanya, fitur ini membantu memberikan pandangan yang luas ke arah belakang mobil. Ini berguna terutama saat Anda berkendara di malam hari agar memberikan visibilitas yang lebih baik.

    • Parking Assist

    Seperti namanya, fitur Parking Assist akan membantu Anda saat parkir. Ini menggunakan sensor dan kamera untuk memandu mobil saat parkir mundur atau paralel. Ini membuat manuver parkir yang sulit menjadi lebih mudah.

    • Lane Keeping Assist

    Lane Keeping Assist secara otomatis dapat mengoreksi arah kemudi untuk menjaga mobil tetap berada di jalur yang aman. Ini mencegah pengemudi dari berpindah jalur tanpa sadar sehingga dapat mengurangi risiko kecelakaan.

    • Hill Start Assist

    Fitur Hill Start Assist akan membantu mencegah mobil bergerak mundur saat berada di tanjakan. Ini membantu menghindari kecelakaan yang dapat terjadi karena mundurnya mobil.