Berita

    Featured Image

    Penyebab Gigi Transmisi Selalu Tersendat saat Pindah Gigi

    Saat hendak melakukan perpindahan terdapat beberapa kasus bahwa gigi transmisi selalu tersendat sehingga menimbulkan beberapa masalah, salah satu yang paling sering adalah gigi terloncat.

    Gigi terloncat pada masalah transmisi ini maksudnya adalah gigi tersebut tiba-tiba terlompat kembali ke posisi netral ketika sedang dipindahkan.

    Meskipun sering dianggap sepele, sebenarnya ini bisa jadi menandakan suatu hal yang cukup serius dari mobil yang dimiliki serta bisa membahayakan pengendara dan para penumpangnya.

    Berkaitan dengan hal tersebut, terdapat beberapa hal yang menjadi penyebab dari tersendatnya gigi transmisi pada saat perpindahan yang bisa Anda ketahui.

    Beberapa penyebab gigi transmisi selalu tersendat saat pindah gigi

    Sebagai suatu permasalahan yang dapat membahayakan keselamatan pengendara dan penumpang mobil, tersendatnya gigi transmisi saat perpindahan gigi memiliki beberapa penyebab.

    Untuk mengetahui lebih lanjut terkait penyebab tersebut, mari simak seluruh penjelasannya melalui pembahasan berikut ini:

    1. Adanya Kerusakan pada Sinkromes

    Sinkromes adalah spare part pada mobil yang berfungsi untuk menyamakan perputaran gigi untuk perpindahan percepatan gigi secara cepat dan mulus.

    Ketika komponen ini mengalami gangguan atau kerusakan, maka sistem perpindahan ini tidak dapat terjadi dengan baik.

    1. Blocking Ring Aus

    Blocking ring adalah salah satu bagian dari sinkromes yang bentuknya berupa gelang bergerigi dan berwarna keemasan.

    Punya keterkaitan dalam menghubungkan putaran kekuatan roda gigi percepatan, jika komponen ini aus maka sinkromes tidak mampu bekerja secara maksimal sehingga gigi transmisi yang tersendat pun dapat terjadi. 

    1. Roda Gigi Sudah Aus

    Ketika roda gigi sudah aus, maka proses perpindahan gigi akan langsung tersendat. Oleh karena itu, pastikan jika roda gigi sudah aus segera ganti komponen tersebut dengan yang baru.

    Perlu diingat saat mengganti roda gigi, pilihlah yang barangnya berkualitas bagus supaya bisa awet atau tahan lama hingga bertahun-tahun.

    1. Bobot Muatan yang Berlebihan

    Setiap mobil pastinya memiliki kapasitas bobot muatannya masing-masing sehingga disarankan tidak boleh melebihi dari batas beban tersebut.

    Ketika muatan melebihi dari yang seharusnya, beban kerja transmisi akan semakin berat sehingga akhirnya membuatnya tersendat saat pindah gigi.

    1. Gaya Pengendara yang Kurang Tepat

    Gigi transmisi bisa mengalami sendatan saat sedang pindah gigi bisa terjadi karena saat hal itu dilakukan mobil masih dalam keadaan melaju atau belum berhenti.

    Tips Memperbaiki Masalah Gigi Transmisi yang Tersendat saat Melakukan Perpindahan

    Ada beberapa tips untuk memperbaiki permasalahan gigi transmisi selalu tersendat pada saat pindah gigi dilakukan. Untuk mengetahuinya, berikut ini adalah beberapa tipsnya:

    1. Melakukan Penggantian Komponen yang Aus atau Rusak

    Saat komponen-komponen yang bekerja untuk transmisi gigi rusak atau aus, pastikan Anda segera menggantinya agar mobil tersebut bisa digunakan kembali dengan baik, terutama perpindahannya tidak lagi mengalami sendatan.

    Kerusakan tersebut umumnya paling sering terjadi karena faktor usia dan memilih komponen yang kualitasnya kurang sesuai pada saat penggantian sebelumnya.

    1. Lakukan Perawatan Mobil secara Berkala

    Untuk menjaga gigi transmisi tidak tersendat saat melakukan perpindahan, perawatan rutin atau berkala setiap berapa bulan sekali adalah hal yang penting untuk dilakukan.

    Sebab, dengan hal ini Anda dapat mencegah kerusakan komponen mobil dalam waktu yang cepat. 

    Bahkan dengan sering perawatan ini, kualitas komponen tersebut akan tetap bagus dan terawat.