Berita

    Ketahui Cara Merawat Mobil Matic Biar Awet

    Mobil matic menawarkan kemudahan dan kenyamanan dalam berkendara. Namun karena mobil matic memiliki transmisi otomatis tidak seperti mobil manual, tentu cara merawat mobil matic juga akan berbeda.

    Banyak pengendara yang lebih memilih mobil matic, khususnya untuk penggunaan di dalam kota. Mobil transmisi otomatis dinilai lebih mudah digunakan dan membuat kaki lebih rileks karena hanya memakai 2 pedal.

    Berbeda dengan mobil manual yang memiliki pedal kopling. Pengendara harus menginjak kopling ketika melakukan perpindahan transmisi dan mengerem mobil. Hal ini yang membuat kaki mudah pegal.

    Cara Merawat Mobil Matic 

    Sama halnya dengan mobil manual, mobil matic juga perlu  dirawat. Perbedaan sistem kerja dan detail komponen, membuat cara merawat mobil otomatis berbeda dengan mobil manual. Berikut ini cara merawat mobil matic yang wajib Anda ketahui:

    • Rutin Memanaskan Mobil

    Semua jenis kendaraan baik manual atau otomatis tentu harus rutin dipanaskan setiap hari. Walaupun terkesan sederhana, tetapi cara ini akan menjaga komponen dan mesin tetap dalam kondisi prima. Memanaskan mobil berarti membuat oli mesin merata melumasi seluruh komponen dan menjaga kondisi mesin. Panaskan mobil beberapa menit setiap hari. Pastikan transmisi berada di posisi netral dan tetap menyalakan AC.

    • Memahami Fungsi Persneling

    Persneling pada mobil matic berbeda dengan  mobil manual yang  terdiri dari transmisi gigi 1-5 dan R. Untuk mobil matic persneling umumnya terdiri dari P, R, N, D, 3, 2, dan L. Setiap jenis transmisi memiliki fungsi yang berbeda. Salah menggunakan persneling akan menyebabkan kerusakan pada mobil. Jadi sebaiknya pahami dulu cara menggunakan tuas persneling mobil matic

    • Memperhatikan Gaya Berkendara

    Gaya Anda berkendara juga bisa mempengaruhi kondisi mobil. Bila Anda berkendara dengan cara yang kurang tepat bisa menyebabkan mobil cepat rusak. Misalnya dalam menambah laju kecepatan, Anda tidak boleh menginjak pedal gas secara tiba-tiba. 

    Atau menginjak pedal gas terlalu dalam (kick down) saat menemui jalanan menanjak. Jika Anda sudah memahami fungsi persneling hal seperti ini sebetulnya tidak akan terjadi. 

    • Ganti Oli Matic 

    Anda pasti sudah tahu bahwa cara menjaga kondisi mobil adalah dengan rutin mengecek dan mengganti oli mesin. Namun untuk mobil otomatis terdapat satu jenis oli tambahan lain yang disebut oli matic. Oli matic memiliki fungsi vital dalam melumasi komponen transmisi.