Berita

    Featured Image

    Seberapa Menguntungkannya Mobil Listrik? Mari Kita Bahas

    Daya tarik dan pemasaran mobil listrik (electric vehicle/EV) semakin masif dan meningkat akhir-akhir ini. Sebenarnya, seberapa menguntungkan penggunaan EV ini pada kehidupan sehari-hari Anda?

    Seperti yang Anda wajib ketahui bahwa terdapat banyak jenis teknologi elektrifikasi mobil, yaitu HEV (Hybrid Electric Vehicle), FCEV (Fuel Cell Electric Vehicle), PHEV (Plug-in Hybrid Electric Vehicle) dan BEV (Battery Electric Vehicle).

    Lalu, apakah berbagai jenis kendaraan listrik tersebut lebih unggul dan menguntungkan dibandingkan kendaraan konvensional? Simak ulasannya sampai akhir di bawah ini!

    Keuntungan Memiliki Mobil Listrik

    Seberapa untung kendaraan listrik bagi penggunanya menjadi pertanyaan yang cukup sering terdengar. Selain itu, banyak masyarakat Indonesia yang masih ragu untuk memiliki kendaraan EV karena berbagai hal.

    Padahal, dalam berbagai aspek mobil EV cukup menguntungkan pemiliknya. Benarkah seperti itu? Simak deretan keuntungannya di bawah ini:

    • Lebih Ramah Lingkungan

    Keuntungan pertama adalah lebih ramah lingkungan, yang mana hal ini tentu sudah umum diketahui oleh masyarakat. Kendaraan listrik tidak menghasilkan pembakaran mesin yang merusak lingkungan.

    Tidak adanya emisi gas buang pada kendaraan listrik menjadikan mobil ini lebih ramah lingkungan. Hal ini tentu menjadi salah satu cara untuk melindungi bumi dari kerusakan karena polusi pembakaran mesin.

    • Kabin Interior Lebih Senyap

    Salah satu keuntungan dari memiliki kendaraan listrik adalah kondisi kabin interior yang lebih senyap. Anda tidak akan merasakan “berisik” di dalam kabin mobil karena kendaraan listrik tidak memiliki proses pembakaran mesin.

    Hal ini berguna bagi Anda yang mencari kenyamanan dalam berkendara. Apalagi ketika Anda melewati jalan bergelombang, yang terdengar hanya suara roda yang menyentuh aspal. 

    • Tidak Ada Aturan Ganjil Genap

    Bebas aturan ganjil genap merupakan keuntungan memiliki kendaraan listrik berikutnya. Terlebih jika Anda merupakan penduduk yang berdomisili di DKI Jakarta. Anda dapat mengendarai kendaraan listrik setiap hari tanpa takut kena tilang.

    Aturan ini sudah tertera pada Peraturan Gubernur (Pergub) DKI Jakarta Nomor 88 Tahun 2019. Bagaimana? Anda tidak perlu ribet lagi dengan aturan ganjil genap kalau punya kendaraan listrik.

    • Pajak yang Murah

    Keuntungan berikutnya adalah pajak yang murah dibandingkan mobil konvensional. Hal ini karena pemerintah Indonesia memberikan subsidi bagi pemilik kendaraan listrik yang ingin membayar pajak.

    Pajak yang murah tentu menarik perhatian calon pemilik kendaraan listrik. Anda tidak perlu mengeluarkan banyak biaya lagi untuk operasional kendaraan listrik ini.

    • Perawatan Mobil Lebih Minim

    Selain pajak yang murah, memiliki mobil listrik juga lebih awet dan hemat dalam perawatan. Pasalnya, Anda tidak membutuhkan servis rutin mesin mobil, seperti ganti oli, servis rutin mesin mobil dan sebagainya.

    Hal ini yang membuat perawatan kendaraan listrik lebih hemat per tahunnya. Apakah Anda mulai tertarik memiliki kendaraan listrik?

    • Torsi Mesin Instan

    Keuntungan terakhir adalah performa torsi mesin kendaraan listrik yang instan dan langsung meluncur ketika pedal akselerator diinjak. Membuat kendaraan listrik ini dijamin gesit dan lincah saat dikendarai.

    Berbeda dengan mobil konvensional yang akselerasinya menunggu mesin melakukan pembakaran internal terlebih dahulu. Hal ini yang membuat kendaraan listrik banyak disukai, terlebih dalam situasi go dan stop.

    Jadi, Apakah Kendaraan Listrik Lebih Menguntungkan?

    Jadi, apakah kendaraan listrik menguntungkan untuk dimiliki? Jawabannya tentu saja iya. Namun, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui sebelum memiliki kendaraan listrik, yaitu pertama harganya yang masih relatif mahal.

    Kedua, stasiun pengisian baterai kendaraan listrik masih belum tersedia secara masif. Memungkinkan Anda cukup sulit ketika melakukan pengisian baterai.