Berita

    Ketahui Cara Memutar Setir Mobil di Tikungan dengan Benar dan Mulus

    Ketika mengendarai mobil, Anda tidak hanya perlu memerhatikan kondisi mobil saja. Ada salah satu bagian yang perlu diperhatikan juga, yaitu bagian setir mobil. Banyak pengemudi yang merasa sudah menguasai cara memutar setir mobil dengan benar, tapi pada nyatanya tidak seperti itu.

    Bagian setir mobil wajib Anda kuasai, terlebih lagi ketika Anda berbelok pada tikungan. Maka dari itu, pada artikel di bawah ini akan dijelaskan secara detail bagaimana cara memutar setir ketika di tikungan atau belokan.

    Simak! 5 Cara Memutar Setir Mobil dengan Mulus dan Tepat

    Kondisi jalan yang menikung atau berbelok tentu tidak dapat Anda hindari sebagai pengemudi mobil. Namun, terkadang hal ini dapat menjadi kendala bagi Anda yang baru mengemudi mobil. Maka dari itu, Anda dapat menyimak cara-cara memutar setir dengan aman:

    • Kontrol Kecepatan Mobil

    Hal pertama yang perlu Anda perhatikan ketika belajar memutar setir adalah mengontrol kecepatan mobil. Terlebih lagi jika Anda berada di tikungan tajam dan belum menguasai setir mobil sepenuhnya.

    Selain itu, Anda juga wajib untuk memberikan sinyal berbelok yang mana tujuannya untuk memberikan informasi pada pengemudi di belakang. Menurunkan kecepatan mobil ketika berada di tikungan juga membantu Anda untuk menghindari kecelakaan yang tidak diinginkan.

    • Hindari Menempelkan Tangan Pada Setir

    Cara kedua agar Anda dapat memutar setir dengan benar adalah menghindari untuk menempelkan tangan pada setir terlalu kuat. Jika Anda memegang setir seperti memegang cucian alias digenggam terlalu kuat, justru cara tersebut yang salah.

    Salah satu cara memegang setir yang benar adalah kedua tangan berada pada sisi samping. Maka dari itu Anda dapat dengan benar memutar setir mobil, terlebih lagi pada jalanan tikungan atau belokan. Jika Anda memegang setir dengan baik, maka ketika memutar setir akan lebih optimal.

    • Gunakan Pola Pull & Push

    Menggunakan pola pull & push menjadi cara memutar setir mobil ketiga yang dapat Anda ikuti. Pola satu ini dapat Anda ikuti dengan memposisikan tangan Anda searah jarum jam 3 dan 9 pada setir mobil. Lalu, ketika berbelok posisikan tangan Anda di arah jarum jam 12.

    Jika Anda ingin berbelok ke kanan maka lakukan tarikan dengan menyesuaikan sudut putar arah belok mobil. Lalu, bantu dengan menaruh tangan Anda di posisi jarum jam 6 dengan cara didorong. Maka dari itu, pola ini disebut dengan pull & push.

    • Jaga Putaran Mesin Mobil