Berita

    Ini Penyebab Oli Mesin Mobil Cepat Berkurang & Solusinya!

    Oli menjadi bagian penting yang akan mendukung performa mesin sebuah mobil. Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab oli mesin berkurang. Mari cari tahu apa saja faktor penyebab tersebut dan solusi apa yang bisa mengatasinya. 

    Penyebab Oli Mesin Berkurang

    Sebenarnya seiring berjalannya waktu memang oli mesin akan terus berkurang. Namun pada beberapa mobil, oli berkurang dalam jangka waktu sangat cepat. Berikut adalah beberapa faktor yang memicu kondisi tersebut:

    • Ada Rembesan di Ruang Pembuangan

    Faktor penyebab pertama adalah adanya rembesan di ruang pembuangan oli. Ini adalah kondisi yang sangat umum terjadi, ada rembesan atau kebocoran di daerah drain plug

    Kerusakan drain plug ini sangat sering dijumpai. Biasanya terjadi karena usia mesin yang sudah tidak muda lagi. Selain itu kerusakan komponen ini juga bisa terjadi jika sering dibongkar pasang terutama saat suhu mesin masih cukup tinggi. 

    • Bocor di Area Carter/Oil Pan

    Selain kebocoran di daerah drain plug, ternyata oli juga bisa cepat habis jika ada rembesan di bagian carter atau oil pan. Oil pan merupakan bagian yang dipakai untuk menampung oli mesin sebelum disalurkan ke semua blok mesin. 

    Oil pan berbentuk seperti bak dan dihubungkan ke blok mesin dengan menggunakan lapisan lem sealant. Jika terjadi rembesan berarti perlekatan lem tidak sempurna. 

    • Penguapan Oli

    Proses penguapan ternyata juga menjadi penyebab oli mesin berkurang dengan cepat. Biasanya kondisi ini cepat terjadi ketika cuaca sangat panas. Suhu udara yang terlalu tinggi membuat oli jadi lebih mudah menguap. 

    Umumnya kondisi ini terjadi ketika sistem pendingin mesin tidak bekerja secara optimal. Jadi mobil akan mengalami overheat dan menyebabkan volume oli mesin berkurang drastis. 

    • Kualitas Oli Tidak Bagus

    Ternyata kualitas oli juga akan berpengaruh pada ketahanan oli itu sendiri. Biasanya oli yang berkualitas buruk mengalami proses penguapan yang jauh lebih cepat sehingga lebih mudah habis. 

    Itulah mengapa Anda sangat disarankan untuk memilih jenis oli yang tepat dan berkualitas. Ini penting untuk menjaga agar oli bisa bekerja optimal dan tidak mudah habis. 

    • Lama Tidak Ganti Oli