Berita

    Ketahui Cara Menghemat Bahan Bakar Mobil

    Kenaikan harga bahan bakar saat ini memang terasa memberatkan. Tapi tenang, ada cara menghemat bahan bakar mobil yang bisa Anda terapkan. Ini bisa menjadi solusi jitu untuk menghemat pengeluaran Anda. 

    Cara Menghemat Bahan Bakar Mobil

    Bagi Anda yang harus mengendarai mobil setiap hari, berita kenaikan harga bahan bakar pasti terasa memberatkan. Supaya jadi lebih ringan berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan demi menghemat konsumsi bahan bakar mobil:

            1. Terapkan Gaya Eco Driving

    Tips yang pertama, Anda bisa menerapkan gaya eco driving saat mengemudi. Ini merupakan gaya berkendara yang sudah dilakukan oleh banyak orang. Tujuannya demi menurunkan polusi dan menghemat konsumsi bahan bakar. 

    Pahami baik-baik tipe mobil Anda sehingga bisa mengendarainya dengan benar. Pastikan untuk tidak terburu-buru dan jangan bersikap agresif selama berada di jalan. 

            2. Pastikan Tekanan Ban Sudah Pas

    Penting untuk diketahui kalau tekanan ban mobil ternyata berpengaruh pada konsumsi bahan bakarnya. Tekanan ban yang kurang pas bisa menyebabkan mobil harus bekerja lebih keras. 

    Secara logika, jika mobil bekerja lebih keras maka konsumsi bahan bakarnya juga jadi lebih besar. Itulah mengapa Anda harus perhatikan baik-baik apakah tekanan ban sudah tepat atau belum. 

            3. Gunakan Bahan Bakar yang Sesuai

    Cara menghemat bahan bakar mobil berikutnya adalah dengan memakai jenis bahan bakar yang tepat sesuai anjuran. Setiap tipe mobil memiliki kebutuhan bahan bakar yang berbeda tergantung nilai oktannya. 

    Jangan melakukan pengisian bahan bakar sembarangan. Perhatikan dulu tipe mesin yang digunakan dan cari tahu jenis bahan bakar apa yang sebaiknya dipakai.

            4. Matikan Mesin saat Memungkinkan

    Usahakan untuk tidak membiarkan mesin selalu dalam kondisi menyala. Ada kondisi dimana Anda bisa mematikan mesin terlebih dahulu agar konsumsi bahan bakar bisa lebih ringan. 

    Misalnya saja, saat Anda harus berhenti di suatu tempat untuk membeli sesuatu. Banyak orang membiarkan mesin mobilnya menyala agar mobil tetap dingin. Sebaiknya kebiasaan seperti ini dihilangkan demi menghemat bahan bakar. 

            5. Gunakan AC Seperlunya

    Pemakaian AC juga akan berpengaruh pada konsumsi bahan bakar. Sebaiknya gunakan AC mobil sewajarnya saja sesuai kebutuhan. Sah-sah saja jika ingin memakai AC agar suasana di dalam mobil lebih nyaman.