Berita

    Featured Image

    Seberapa Parahkah Situasi Turun Mesin?

    Overhaul atau turun mesin adalah salah satu istilah yang sering terdengar di dunia otomotif. Bagi banyak pemilik mobil, mendengar kata ini bisa menimbulkan kekhawatiran, karena biasanya terkait dengan masalah serius pada mesin.

    Namun, sebenarnya seberapa parahkah kondisi yang mengharuskan mobil mengalami overhaul? Apa saja tujuan dan tanda-tanda yang menunjukkan mobil Anda butuh overhaul? Simak ulasannya berikut ini!

    Definisi Overhaul atau Turun Mesin: Seberapa Parah Kondisi Ini?

    Sederhananya, overhaul adalah proses pembongkaran mesin yang bermasalah untuk diperiksa secara teliti. Dalam proses ini, komponen-komponen yang rusak akan diganti atau diperbaiki.

    Jadi, bisa dibilang overhaul merupakan jenis servis berat yang diperlukan ketika mesin mobil mengalami kerusakan yang parah atau signifikan akibat penggunaan jangka panjang. Secara umum, tujuan melakukan overhaul adalah sebagai berikut:

    • Membersihkan Komponen Mesin

    Metode ini memungkinkan mekanik untuk membersihkan setiap bagian mesin dengan lebih mendalam dibandingkan dengan perawatan biasa.

    • Memeriksa dan Mengganti Komponen yang Rusak

    Selama proses overhaul, setiap komponen dalam mesin diperiksa dengan teliti untuk mengetahui bagian mana saja yang memerlukan perbaikan atau penggantian.

    • Mengatur Ulang Dudukan Katup

    Overhaul juga bertujuan untuk mengatur ulang dudukan katup dan komponen lain yang mungkin sudah aus atau tidak sesuai lagi agar performa mesin bisa kembali.

    Perbedaan Overhaul dan Tune Up

    Lalu, apa bedanya overhaul dengan tune up? Seperti yang telah dijelaskan, turun mesin atau overhaul adalah jenis servis berat berupa proses pembongkaran mesin untuk memperbaiki komponen yang rusak.

    Di sisi lain, tune up merupakan bagian dari perawatan rutin yang bertujuan untuk mengembalikan performa mesin tanpa harus membongkar mesin sepenuhnya. Selain itu, tune up biasanya dilakukan secara berkala, setidaknya setiap enam bulan sekali.

    6 Tanda Mobil Anda Harus Turun Mesin

    Tanda Mobil Anda Harus Turun MesinFreepik.com

    Lalu, apa saja tanda-tanda kondisi mobil Anda sudah parah dan butuh overhaul? Berikut ini enam tanda yang perlu diwaspadai:

    • Keluar Asap Putih dari Knalpot

    Jika mobil Anda mengeluarkan asap putih dari knalpot, itu bisa menjadi tanda bahwa ada oli yang terbakar di dalam ruang bakar. Hal ini biasanya disebabkan oleh piston ring yang sudah aus atau rusak.

    • Suhu Mesin Terus Meningkat

    Suhu mesin yang terus meningkat meskipun dalam kecepatan rendah adalah tanda bahwa mesin Anda mengalami overheat. Overheat bisa disebabkan oleh berbagai masalah, termasuk kebocoran pada radiator atau kerusakan pada head gasket..

    • Pengurangan Air Radiator

    Air radiator yang berkurang dengan cepat juga bisa menjadi tanda bahwa mobil Anda membutuhkan overhaul. Hal ini bisa disebabkan oleh kebocoran oli yang masuk ke saluran radiator, yang kemudian mengurangi jumlah cairan di dalamnya.

    • Kepala Busi Basah karena Oli

    Busi yang berubah warna menjadi hitam basah karena oli merupakan tanda bahwa ada kebocoran oli ke dalam ruang kompresi. Hal ini bisa menyebabkan ruang bakar menjadi mudah terbakar dan mengganggu kinerja mesin jika tidak segera ditangani.

    • Air Radiator Berminyak

    Jika air radiator berminyak, itu bisa menjadi tanda ada oli yang masuk ke dalam sistem pendingin. Hal ini biasanya disebabkan oleh kerusakan pada head gasket. Air radiator yang berminyak dapat menyebabkan masalah serius pada sistem pendingin.

    Di antara berbagai tanda di atas, hal yang paling jelas untuk diamati adalah overheating atau suhu mesin yang terus naik. Overheating berulang kali dapat merusak mesin secara permanen jika tidak segera ditangani, sebab merupakan tanda dari kerusakan yang signifikan.