Berita

    Featured Image

    Bumper Retak? Ini 6 Tips Mengatasinya

    Bumper retak pada bagian cat memang jadi masalah yang mengganggu jika Anda memiliki mobil. Penampilan tidak hanya berkurang estetikanya. Namun, dapat memicu karat serta kerusakan yang lebih parah di permukaan eksterior mobil.

    Itulah mengapa, Anda perlu mengetahui apa saja tips mengatasi keretakan pada bumper yang bisa dicoba. Simak tips-tips di bawah ini untuk informasi lebih lengkapnya! 

    Tips Mengatasi Bumper Retak

    Anda dapat mengatasi bumper yang retak, khususnya cat bumper, dengan berbagai cara. Mulai dari menggunakan bahan kimia hingga bahan alami, berikut macam-macam tips yang dapat Anda lakukan:

    • Oleskan Pasta Gigi

    Tips pertama adalah mengoleskan pasta gigi pada area bumper yang retak. Namun, pastikan bahwa pasta gigi tersebut memiliki bahan pengikat di dalamnya. Contoh bahan pengikat adalah sodium bicarbonate.

    Mengoleskan pasta gigi dapat Anda lakukan dengan alat agar lebih praktis. Lalu, tunggu hingga beberapa menit sampai pasta gigi mengering. Lanjutkan dengan membersihkan pasta gigi menggunakan kain lembut.

    Sebagai catatan, pasta gigi efektif untuk retakan bumper yang kecil. Bila retakan sudah besar, maka Anda bisa memilih salah satu dari tips lain di bawah ini.

    • Semprotkan Cat Khusus

    Untuk kondisi bumper retak yang cukup parah, Anda bisa memakai cat semprot. Tujuannya agar dapat mengembalikan cat bumper yang semula terlihat mulus. 

    Perhatikan warna cat dan pastikan Anda memilih yang senada dengan warna cat pada mobil saat itu. Kemudian, lakukan penyemprotan pada area dengan ventilasi cukup. Jadi, Anda dan orang sekitar tidak menghirup cat semprot tersebut.

    • Gunakan Pengisi Retak

    Anda juga bisa menggunakan pengisi retak. Bahan ini merupakan material khusus yang memang ditujukan mengisi keretakan pada cat bumper. 

    Metode menggunakannya tidak sulit. Mulai dengan mengoleskan pengisi retak di bagian yang membutuhkan. Biarkan sampai mengering, biasanya butuh beberapa jam. Bila sudah mengering, amplas menggunakan kertas amplas.

    Lalu, bersihkan sisa amplas dengan kain yang lembut. Jangan lupa memilih warna pengisi retak yang cocok dengan warna mobil.

    • Manfaatkan Lilin Mobil

    Menghilangkan bekas retak serta mengembalikan cat yang mulus dapat Anda lakukan dengan lilin mobil. Bahan ini tinggal Anda oleskan pada bagian yang retak. Kemudian, gosok menggunakan kain lembut sampai bersih. Lilin mobil efektif untuk keretakan yang kecil.

    • Aplikasikan Cat Mobil dalam Kemasan

    Berikutnya, Anda dapat mengaplikasikan cat mobil kemasan. Jenis cat ini hampir serupa dengan metode cat semprot. Tetapi, cat kemasan lebih praktis sebab telah diatur siap pakai dan warnanya tersedia menyesuaikan warna mobil.

    Lalu, pastikan kondisi keretakan di cat bumper tidak parah karena cara ini hanya untuk retakan kecil ke sedang. Bila butuh perbaikan lebih serius, sebaiknya konsultasikan dengan teknisi profesional.

    • Cat Ulang Keseluruhan Bumper

    Apabila cat bumper mengalami keretakan cukup parah sehingga tidak dapat diperbaiki dengan bahan-bahan tersebut, Anda bisa melakukan pengecatan ulang. 

    Cat Ulang Keseluruhan BumperFreepik.com

    Cat ulang tersebut perlu Anda terapkan pada seluruh area bumper. Meskipun butuh biaya lebih tinggi, hasil pengecatan ulang cenderung lebih memuaskan. Oleh sebab itu, pilih cat mobil berkualitas serta cocok dengan warna cat mobil Anda.