Berita

    Featured Image

    Penyebab dan Cara Mengatasi Suara Berisik dalam Kabin Mobil

    Mendengar suara berisik di kabin mobil pasti membuat kenyamanan saat berkendara menjadi terganggu. Apala jika terjebak kemacetan, itu semua akan membuat pengemudi merasa stres dan tidak bisa berkonsentrasi. 

    Untuk mengatasinya, Anda harus mencari akar masalahnya terlebih dahulu sehingga bisa menentukan solusi terbaik untuk mengatasi permasalahan tersebut. 

    Penasaran? Simak penjelasan seputar penyebab dan cara mengatasi munculnya suara berisik di dalam kabin mobil. 

    Penyebab Munculnya Suara Berisik di Kabin Mobil 

    Sebelum mencari solusi, Anda harus mengetahui asal suara tersebut terlebih dahulu, apakah berasal dari luar atau dalam kabin. Berikut beberapa faktor umum yang membuat munculnya suara berisik tersebut. 

    • Kaki-Kaki Mobil

    Munculnya suara bising di kabin mobil bisa berasal dari kaki-kaki mobil yang bermasalah, bisa karena aus atau pecah. Biasanya, suara bising ini akan terdengar saat kendaraan melaju dengan kecepatan tinggi atau diatas 50 km/jam. 

    Beberapa komponen penopang kendaraan tersebut yang menjadi asal kebisingan diantaranya adalah roda, shockbreaker, swing arm, bushing, rack steer, ball joint, bearing/laher roda, link stabilizer, dan tie rod. 

    • Pintu Mobil 

    Faktor penyebab suara berisik di kabin mobil bisa dikarenakan sisi-sisi pintu mobil yang tidak rapat. Hal ini membuat suara yang berasal dari luar masuk ke dalam mobil 

    • Sistem Kemudi   

    Apabila suara bising tersebut berasal dari dalam mobil, ada kemungkinan sistem kemudi Anda yang sedang bermasalah. Misalnya, laher kemudi telah aus atau rusak, adanya kebocoran cairan pada pompa power steering, dan lain-lain. 

    • Gardan 

    Faktor berikutnya yang menjadi sumber munculnya suara bising dalam kabin bisa berasal dari gardan mobil. Ada dua hal yang mungkin terjadi, karena adanya kerusakan pada gardan atau karena pelumasnya yang kurang, aus, atau kotor. 

    Cara Mengatasi Suara Berisik dalam Kabin Mobil 

    Setelah mengetahui sumber permasalahan, saatnya untuk mengatasi sesuai dengan kondisi mobil Anda. Berikut beberapa cara untuk menghilangkan suara berisik pada kabin mobil. 

    • Cek Sistem Kemudi

    Hal pertama yang perlu dilakukan ketika mendengar suara berisik di kabin mobil adalah mengecek sistem kemudi secara menyeluruh. 

    Periksa kondisi tiap komponen apakah masih baik atau tidak mulai dari intermediate steering shaft,rack steer, tie rod ball joint, hingga joint steering. 

    Untuk proses pengecekan ini membutuhkan keahlian khusus sehingga Anda harus segera membawanya ke bengkel terdekat apabila permasalah memang berasal dari sistem kemudi. 

    • Mengganti Oli Gardan

    Apabila sumber suara berasal dari gardan, cara mengatasinya bisa dengan mengganti oli dengan kadar yang lebih kental. Cara ini terbilang lebih mudah dibandingkan harus mengganti gardan. 

    Namun apabila memang ada bagian yang rusak dan tidak bisa diperbaiki atau disetel ulang, maka solusi yang terbaik adalah segera menggantinya dengan gardan baru. 

    • Cek Karet Pintu dan Jendela

    Jika suara berisik dalam ruang kabin berasal dari sisi mobil seperti pintu dan jendela yang tidak rapat, solusi yang tepat adalah mengecek seal atau karet di bagian tersebut. 

    Perhatikan apakah karet telah aus, kotor, ada retakan, atau getas. Apabila telah menemukan titik permasalahannya, segera lakukan perbaikan seperti membersihkan dan memberi pelumas. Bila diperlukan, segera ganti karet pintu yang telah getas. 

    • Mengganti Komponen

    Apabila akar masalah berasal dari komponen yang rusak, maka solusi paling tepat adalah dengan melakukan penggantian pada bagian yang rusak tersebut. 

    • Memasang Peredam

    Sedangkan apabila suara berisik dari luar yang masuk ke ruang kabin, maka solusinya adalah dengan memasang peredam suara. 

    Itulah beberapa penyebab dan solusi untuk mengatasi suara berisik di kabin mobil. Apabila kondisi ini terjadi pada kendaraan Anda, langkah yang paling tepat adalah melakukan pengecekan secara menyeluruh ke bengkel resmi terdekat.