Berita

    Tampil Keren! Mengenal Bahan Untuk Plafon Mobil

    Keindahan interior mobil Anda bukan hanya sekadar memodifikasi bagian jok dan dasbor saja. Plafon mobil menjadi salah satu bagian interior mobil yang sering diabaikan, padahal Anda dapat saja memodifikasinya agar mobil tampil keren.

    Tampilan plafon pada mobil, selain sebagai penunjang bagian interior yang keren dapat juga memberikan kenyamanan bagi Anda. Kenali bahan-bahan apa saja yang cocok untuk digunakan sebagai plafon interior mobil, agar tampilan mobil semakin nyaman dan keren!

    Simak 5 Variasi Jenis Bahan Untuk Plafon Mobil Anda!

    Mengubah interior plafon tidak boleh dilakukan sembarangan. Anda juga wajib memilih bahan-bahan yang akan digunakan, karena hal tersebut dapat menentukan kenyamanan dan selera Anda. Berikut ini variasi jenis bahan plafon terbaik untuk mobil Anda:

    • Bahan Suede

    Rekomendasi plafon terbaik untuk mobil Anda yang pertama adalah yang berbahan suede. Bahan satu ini terkenal dengan kualitas premium, yang mana harganya memang lebih tinggi dibanding bahan plafon untuk mobil lainnya.

    bahan kulit suede untuk plafon mobil

    Tekstur bahan suede pada plafon sangat lembut dan halus. Hal ini dapat meningkatkan kenyamanan Anda ketika mengemudi. Keunggulan lain dari bahan premium ini adalah tidak mudah terbakar dan lebih awet. Tidak heran jika banyak digunakan untuk plafon pada mobil balap.

    • Bahan Kulit (Leather)

    Bahan plafon untuk mobil yang paling popular lainnya adalah bahan leather atau kulit asli. Banyak pemilik mobil premium yang menggunakan bahan ini untuk kebutuhan interior plafonnya. Keunggulan bahan kulit asli untuk plafon kendaraan Anda adalah tekstur yang kuat dan lebih awet.

    Selain itu, plafon dengan bahan kulit lebih terlihat premium dan keren. Cocok untuk Anda yang memiliki mobil mewah. Namun, ada sedikit kekurangan yang dimiliki bahan kulit ini yaitu cepat luntur dan rusak, terlebih jika terkena panas yang terus-menerus.

    Sehingga, dibutuhkan perawatan ekstra jika Anda menggunakan bahan kulit asli sebagai plafon kendaraan. Minimal mobil Anda tidak perlu berada pada kondisi suhu panas secara terus-menerus dan penggunaan kondisioner berbahan lanolin waxy cream.

    • Bahan Kulit Sintetis

    Alternatif bahan plafon untuk kendaraan Anda selain bahan kulit asli, yaitu bahan kulit sintetis. Bahan satu ini menjadi favorit banyak orang karena fleksibilitas yang bagus dan harga yang terjangkau daripada bahan leather.

    Alasan plafon berbahan kulit sintetis menjadi pilihan banyak pengguna mobil adalah mudah dirawat dan dibersihkan, tahan panas, nyaman ketika disentuh serta pilihan warna yang beragam. Anda tidak hanya dapat memodifikasi plafon, tetapi juga seluruh bagian interior mobil Anda.

    • Bahan Beludru

    Plafon mobil dengan bahan beludru menjadi rekomendasi berikutnya. Bahan satu ini menjadi bahan yang tepat untuk digunakan sebagai modifikasi plafon kendaraan Anda. Bahan beludru menggunakan serat rayon dan sutra sebagai bahan baku utamanya,

    Keunggulan bahan plafon beludru adalah bahannya yang tebal dan membuat nyaman pengguna mobil ketika berada di dalam mobil. Selain itu, bahan beludru membuat tampilan interior mobil Anda semakin elegan dan premium. 

    • Bahan Fabric

    Bahan fabric menjadi rekomendasi bahan plafon kendaraan terbaik terakhir yang dapat Anda gunakan. Anda akan cukup sering menemukannya pada mobil-mobil di Indonesia. Hal tersebut karena harga bahan fabric yang relatif murah.

    Bahan fabric merupakan bahan hasil gabungan kain katun dan kanvas, yang mana keunggulannya adalah lebih kuat terkena sinar matahari alias tidak mudah luntur. Kekurangannya hanya mudah sekali kotor, tetapi jika Anda rutin merawatnya tentu hal tersebut tidak menjadi masalah.