Berita

    Ketahui Cara Memanaskan Mobil Matic dengan Langkah yang Benar

    Meskipun dalam kondisi diam dan tidak sedang digunakan, mobil matic sebaiknya harus tetap dipanaskan secara rutin. Oleh karena itu, penting bagi setiap pemilik mobil matic untuk mengetahui cara memanaskan mobil yang baik dan benar.

    Sebenarnya, mobil matic dirancang khusus untuk memudahkan pengemudi karena sistem transmisinya bisa bergerak otomatis tanpa harus menggunakan pedal kopling. Namun, setiap mobil tetap perlu dipanaskan secara berkala agar mesinnya tetap terjaga, termasuk tipe matic.

    Langkah-Langkah Memanaskan Mobil Matic yang Baik dan Benar

    Sebenarnya, cara memanaskan kendaraan apapun cukup sederhana, begitu pula halnya dengan mobil. Namun, metode memanaskan mesin mobil matic tentu berbeda dengan memanaskan mesin mobil transmisi manual. Agar tidak salah langkah, simak cara berikut ini.

    • Nyalakan Mesin

    Langkah pertama untuk memanaskan kendaraan adalah menyalakan mesinnya. Untuk menyalakan mobil matic, sebaiknya tunggu hingga indikator mesinnya mati terlebih dahulu agar aki bisa bekerja perlahan dan menghindari risiko rusaknya aki.

    Salah satu tujuan melakukan pemanasan mobil adalah untuk menjaga performa kendaraan tetap awet dan tidak mudah rusak. Sebab saat mesin dinyalakan, barulah sistem pelumas kendaraan akan dialirkan.

    • Atur Posisi Transmisi

    Ketika melakukan pemanasan pada mobil matic, Anda perlu mengatur posisi transmisi pada posisi parking (P). Posisi ini diatur agar mobil tetap diam dan untuk menahan gerakannya agar terhindar dari risiko kecelakaan jika salah menginjak gas.

    Sebenarnya, Anda bisa saja mengatur tuas pada posisi N. Namun, posisi P jauh lebih aman sebab lock output shaft dapat terkunci secara manual. Sedangkan pada posisi N, tidak adanya cengkeraman mesin pada transmisi bisa berpotensi membahayakan.

    • Sesuaikan dengan Durasi Ideal

    Saat memanaskan mobil matic, Anda juga perlu memperhatikan berapa lama waktu pemanasannya. Selama ini, banyak orang beranggapan bahwa semakin lama durasi menyalakan mesin, maka akan semakin baik hasilnya.

    Padahal hal tersebut salah kaprah, karena tujuan memanaskan mesin adalah untuk menyebarkan oli ke seluruh komponen mobil. Umumnya, hanya dalam 1-2 menit saja kendaraan sudah panas dan oli sudah merata ke seluruh bagian mesin.

    • Pindahkan Transmisi