Berita

    Kaki-Kaki Mobil Bunyi Gluduk? Ini Cara Mengatasinya

    Pernahkah Anda merasakan kaki-kaki mobil bunyi gluduk saat berkendara? Hal ini ternyata tidak bisa diabaikan begitu saja karena bunyi tersebut menjadi pertanda bahwa ada masalah pada kaki-kaki mobil Anda. 

    Bunyi aneh ini bisa saja mengganggu kenyamanan saat berkendara. Lebih parahnya lagi, hal ini akan mengganggu keamanan dan bisa saja menempatkan Anda dalam posisi berbahaya saat berkendara. 

    Kenapa Kaki-Kaki Mobil Bunyi Gluduk?

    Ada beberapa kondisi yang menyebabkan munculnya bunyi gluduk pada bagian kaki-kaki mobil Anda. Sebaiknya Anda pahami dulu apa penyebabnya sehingga bisa tahu solusi yang harus diambil. Berikut ini beberapa penyebab yang sering dijumpai:

    • Menipisnya Karet Bushing Arm

    Penyebab pertama adalah kondisi karet bushing arm yang sudah menipis. Karet bushing arm ini dipakai untuk menahan getaran mesin. 

    Jika sudah aus maka performanya tidak optimal dan bisa memicu suara aneh pada kaki-kaki mobil. 

    Bushing arm itu sendiri memiliki bentuk seperti botol dan terbuat dari pipa besi. Ada lapisan karet yang melindunginya. 

    Jika lapisan karet tersebut sudah tipis atau bahkan hilang, maka ia akan mengganggu performa dan bisa memicu suara gluduk di kaki mobil. 

    • Kerusakan Long Tie Rod

    Biasanya suara yang mengganggu di kaki-kaki mobil juga dipicu oleh adanya kerusakan long tie rod. Kerusakan ini umumnya disebabkan oleh faktor usia. 

    Selain itu, ia bisa juga terjadi setelah Anda mengendarai mobil di tengah jalanan yang rusak. 

    • Matinya Shockbreaker

    Saat shockbreaker mati maka kemampuan mobil untuk memantul jadi kurang optimal. Hal ini pada akhirnya bisa memicu suara gluduk pada kaki mobil saat Anda berkendara apalagi di jalanan yang kurang rata. 

    Itulah mengapa sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan mobil secara rutin. Saat pemeriksaan ini Anda bisa mengecek kondisi shockbreaker apakah masih bekerja dengan baik atau tidak. 

    • Kerusakan Karet Support Shockbreaker

    Karet support shockbreaker memiliki fungsi penting sebagai peredam getaran pada ban mobil. Jika bagian ini sudah aus dan rusak maka proses peredaman tersebut tidak bisa berjalan optimal dan bisa muncul suara gluduk pada bagian kaki-kaki mobil. 

    Cara Mengatasinya

    Kaki-kaki mobil bunyi gludukPexels.com

    Saat Anda menjumpai kaki-kaki mobil bunyi gluduk maka jangan biarkan begitu saja. Masalah ini harus segera dicari tahu penyebabnya supaya Anda bisa mengetahui solusi apa yang paling tepat untuk diambil. 

    Suara gluduk ini tidak hanya membuat Anda merasa terganggu namun performa mobil juga pasti akan jadi menurun. Berikut adalah beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah tersebut. 

    • Lakukan Pemeriksaan di Bengkel

    Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah membawa mobil ke bengkel agar diperiksa secara menyeluruh. Pemeriksaan mobil ini sebenarnya bisa Anda lakukan sendiri jika Anda cukup paham. 

    Namun akan jauh lebih efektif jika Anda langsung membawa mobil ke bengkel agar bisa ditemukan penyebabnya secara akurat. Nantinya Anda bisa tahu apa sebenarnya yang menjadi penyebab dari suara gluduk tadi. 

    • Ganti Komponen yang Rusak

    Segera ganti komponen yang mengalami kerusakan untuk menghilangkan suara gluduk pada kaki mobil. Jenis komponen yang diganti bisa segera diketahui jika pemeriksaan dilakukan dengan tepat. 

    Misalnya saja jika masalah terjadi di shockbreaker, maka bisa segera dilakukan perbaikan. Sementara itu karet support shockbreaker yang sudah aus bisa langsung diganti dengan yang baru.