Berita

    Featured Image

    Kenapa Ganti Oli itu Penting? Ini Penjelasannya

    Tahukah Anda kenapa ganti oli itu penting? Ini dikarenakan pelumas mesin yang satu ini memiliki fungsi yang sangat krusial bagi kendaraan yang Anda miliki. Itu sebabnya, perawatan dan penggantian oli harus dilakukan secara rutin. 

    Dengan melakukan penggantian oli secara teratur akan membuat performa mobil lebih terjaga. Selain itu, komponennya pun menjadi lebih awet dan mampu bekerja dengan baik. 

    Sebenarnya, kenapa penggantian oli menjadi sangat penting dan merk oli apa yang terbaik? Berikut informasinya. 

    Kenapa Ganti Oli itu Penting? Ini Alasannya

    Beberapa alasan yang mendasari pentingnya penggantian oli secara teratur diantaranya adalah: 

    1. Performa Mobil Optimal

    Alasan pertama kenapa ganti oli sangat penting adalah untuk menjaga performa mobil tetap optimal. Tanpa adanya pelumas ini, maka setiap komponen akan saling bergesekan dan tidak bisa bekerja secara optimal. Itu sebabnya Anda harus mengecek dan mengganti oli secara rutin.. 

    1. Memperpanjang Usia Mobil

    Dengan penggantian oli secara teratur akan membuat setiap komponen bekerja dengan baik. Jadi, secara otomatis hal tersebut akan memperpanjang usia mobil. 

    1. Efisiensi BBM

    Saat menambahkan atau mengganti oli mesin yang tepat, hal ini akan membuat kebutuhan akan BBM untuk menghasilkan tenaga menjadi berkurang. 

    Dengan kata lain, menjaga oli tetap dalam kondisi baik mampu mengoptimalkan efisiensi terhadap konsumsi bahan bakar.  

    1. Ramah Lingkungan

    Dengan melakukan penggantian oli yang rutin secara tidak langsung akan membuat kendaraan Anda ikut serta dalam melindungi lingkungan sekitar. Sebab, hasil emisi yang dikeluarkan tidak sebanyak kendaraan yang olinya jarang diganti. 

    1. Suara Mesin Halus

    Dengan mengganti oli secara teratur juga akan membuat suara mesin menjadi lebih halus. Sebab, gesekan antar komponen mesin tidak menimbulkan suara keras karena mendapat pelumasan yang cukup. 

    1. Mendinginkan Mesin

    Kenapa ganti oli itu penting? Sebab mobil yang jarang ganti oli mesinnya mudah menjadi panas. 

    Berbeda dengan mobil yang rutin ganti oli karena pelumas mesin ini juga berfungsi mendinginkan komponen mesin dengan cara menyerap panas, terutama dinding silinder dan piston. 

    1. Membersihkan Mesin

    Oli mesin yang bertugas untuk melumasi setiap komponen secara tidak langsung juga akan membersihkan mesin. Sebab, ketika mesin bersirkulasi, oli akan mendorong setiap kotoran yang melekat sehingga mesin pun menjadi bersih. 

    1. Mencegah Karat

    Dengan adanya oli mesin akan membuat setiap komponen pada mobil terhindar dari karat. Itu sebabnya, Anda harus memilih oli mesin yang berkualitas agar performa komponen pada mobil tetap terjaga dan menjadi lebih awet. 

    Keunggulan Oli Mesin Ecstar

    oli ecstar

    Keberadaan oli mesin yang penting bagi kendaraan mengharuskan setiap pemilik kendaraan untuk memilih oli yang berkualitas, salah satunya adalah Ecstar. Merupakan pelumas resmi untuk mobil Suzuki yang memiliki beberapa keunggulan, diantaranya adalah: 

    1. Perlindungan Mesin

    Oli mesin Ecstar mampu memberikan perlindungan mesin secara menyeluruh, bahkan ketika Anda menyalakan mesin mobil pada kondisi dingin. Ini dikarenakan oli mobil Ecstar mampu mencapai meraih kestabilan temperatur. 

    1. Hemat Bahan Bakar

    Oli Ecstar memiliki kandungan Molybdenum yang berfungsi untuk mengurangi gesekan atau minim friksi. Dengan kandungan tersebut akan membuat kerja mesin mobil menjadi lebih ringan yang otomatis membuat bahan bakar menjadi lebih irit.  

    1. Mesin Lebih Bersih

    Dengan menggunakan oli Ecstar akan memperpanjang usia mesin. Sebab, oli Ecstar mampu mencegah pembentukan endapan dan lumpur membuat mesin mobil menjadi lebih bersih dan bebas masalah sehingga usia pakainya pun menjadi lebih lama. 

    Cari Oli Mesin Berkualitas? Gunakan Ecstar

    Itulah berbagai alasan yang akan menjawab pertanyaan kenapa ganti oli itu penting? Itu sebabnya, sebagai pemilik Anda harus bijak dalam memilih oli mesin. 

    Jika ingin performa mobil tetap terjaga dan mesin menjadi lebih awet, sangat direkomendasikan untuk menggunakan oli Ecstar yang memiliki berbagai keunggulan. 

    Berencana ganti oli? Kunjungi kalsel.mitrasuzuki.com dan isilah form booking service pada website resmi Suzuki tersebut atau datang langsung ke bengkel Suzuki terdekat.