Berita

    AC Mobil Berbau Tidak Sedap? Cari Tahu Penyebab dan Cara Mengatasinya!

    Pendingin udara atau air conditioner (AC) menjadi salah satu komponen penting dalam mobil untuk membuat udara atau suhu ruangan dalam kabin tetap terjaga dan bahkan menjadi lebih bersih. Dengan pendingin udara, berkendara pun menjadi lebih aman dan nyaman. Selain itu, AC pada mobil juga bisa menjadi solusi yang tepat bagi Anda yang tinggal di daerah beriklim tropis, seperti di Indonesia. 

    Nah, AC pada kendaraan memang sangat bermanfaat untuk memberikan kenyamanan, tapi pernahkah Anda mencium aroma yang tidak sedap dari AC mobil? Bau tidak sedap yang keluar ini bisa saja berbeda-beda di setiap mobil. Kira-kira apa yang menjadi pemicu atau penyebab dari bau AC ini ya?

    Sebenarnya ada beberapa penyebab yang membuat aroma AC mobil menjadi tidak sedap. Beberapa di antaranya yaitu:

    1. Filter kotor

    Filter yang kotor tidak hanya menyebabkan AC menjadi tidak dingin, tapi juga bisa menimbulkan bau yang tidak sedap di dalam kabin lho. Pastikan Anda selalu mengecek kebersihan filter AC kendaraan karena meskipun terlihat bersih, bisa saja kondisi di dalamnya penuh dengan debu dan kotoran, sehingga menimbulkan bau yang tidak sedap di dalam kabin.

    2. Freon AC sudah mau habis

    Freon AC yang sudah mau habis juga bisa salah satu penyebab timbulnya bau tidak sedap dalam kendaraan. Ciri-ciri Freon AC yang sudah hampir habis biasanya sudah tidak begitu dingin, kompresor AC yang tidak berhenti bekerja ketika AC dalam keadaan hidup. 

    3. Penumpukan jamur di evaporator

    Pada dasarnya, evaporator berfungsi untuk menyerap panas dari udara guna mengurangi hawa panas yang ada di dalam mobil. Nah, penumpukan jamur pada evaporator menyebabkan mobil menjadi lembab dan terkadang juga bisa menimbulkan bau yang tidak sedap.

    Nah, apabila Anda merasa AC di dalam kendaraan sudah mulai berbau tidak sedap, ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengurangi bau tersebut. Berikut langkah yang bisa dilakukan:

    1. Selalu jaga kebersihan

    Jika ingin mobil Anda wangi dan bersih, pastikan Anda juga selalu menjaga kebersihan kabin mobil ya! Kabin mobil yang kotor, penuh debu dan banyak sisa makanan bisa menimbulkan jamur yang menjadi salah satu penyebab mobil jadi berbau nih. Anda bisa rutin gunakan penyedot debu untuk membersihkan debu dan kotoran, pembersih khusus dashboard, tisu basah, hingga menyediakan tempat sampah kecil di dalam mobil agar sampah tidak berserakan.